Selasa, 27 April 2010

Mobilitas Sosial Horizontal

Mobilitas sosial horizontal adalah pepindahan kedudukan secara mendatar atau dalam lapisan yang sama atau sederajat. dengan demikian, mobilitas sosial horizontal memiliki ciri utama, yaitu bahwa lapisan sosial yang ditempati tidak mengalami perubahan. Mobilitas sosial horizontal memiliki dua macam bentuk, yaitu sebagai berikut :

  • Mobilitas sosial antargenerasi, yaitu mobilitas yang terjadi dalam dua geberasi, misalnya ayah dan anak. contohnya dono adalah seorang pedagang yang kaya, sehingga ayah dono berada pada lapisan menengah. Sedangkan dono tidak memilih menjadi pedagang seperti ayahnya tetapi dono lebih memilih menjadi seorang petani yang berhasil dan menjadi kaya, sehingga dono juga berada ada pada lapisan menengah. pekerjaan ayah dono sebagai pedagang dan pekerjaan dono sebagai petani merupaka mobilitas sosial horizontal antargenerasi atau intergenerasi.

  • Mobilitas sosial intragenerasi adalah mobilitas yang terjadi dalam diri seseorang atau dialami oleh orang itu sendiri atau kelompok individu dalam generasi yang sama. contohnya pak amin adalah seorang pedagang yang berada pada lapisan menengah tetapi dia pindah menjadi seorang petani yang tetap berada pada lapisan menengah juga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar