Selasa, 27 April 2010

Mobilitas sosial menurut para ahli

  • Hartini dan G. kartasapoetra

Mobilitas berarti pihak - pihak yang bergerak atau sejumlah orang yang bergerak secara sosial. kata sosial yang melekat pada kata mobilitas menekankan bahwaistilah mobilitas sosial mengandung makna gerakyang melibatkan seseorang atau sekelompok warga dalam masyarakat. dengan demikian pengertian mobilitas sosial adalah suatu gerak perpindahan seseorang atau sekelompok warga dari status sosial yang satu ke status sosial yang lain atau perpindahan posisi kedudukan dari lapisan yang satu ke lapisan yang lain atau dari dari satu dimensi lapisan ke dimensi lapisan lainnya.Mobilitas sosial ( social mobility) berbeda dengan social movement. social mobility adalah gerakam para warga masyarakat dari satu lapisan sosial ke lapisan sosial lainnya, sedangkan social movement adalah suatu kegiatan yang dlakukan oleh suatu kelas sosial tertentu dengan maksud untukmemperoleh kedudukan status sosial yang mereka inginkan, bisa dilakukan dengan cara nada protes, penuh emosi dan kekerasan.

  • Bruce J. Cohen
mobilitas sosial adalah perpindahan individu dari satu status sosial ke status sosial lainnya. perpindahan tersebut bisa naik bisa juga turun dan bisa juga tetap.
para ahli sosiologi mengidentifikasikan bahwa naik turunya kedudukan seseorang dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti pendidikan, kelas sosial dari orang tua, ras, pekerjaan, usia, dan jender.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar